3 Tips untuk Membeli Rumah


Hampir setiap orang bermimpi mempunyai rumah pribadi untuk ditempati oleh seluruh anggota keluarga secara nyaman dan aman dalam jangka panjang. Tak peduli sekecil dan sesederhana apapun, rumah tetaplah istana bagi penghuninya. Tempat berlindung, tempat saling berbagi cerita dan cinta, serta tempat menikmati masa kini dan membangun masa depan. Namun, membeli rumah bisa menjadi pengalaman yang menegangkan dan memakan waktu, terutama bagi Anda yang baru akan membeli rumah baru untuk pertama kali. Bagi Anda yang baru akan mewujudkan mimpi Anda dengan membeli rumah baru, berikut ini adalah beberapa tips yang akan membantu membuat perjalanan membeli rumah pertama Anda menjadi perjalanan yang tidak terlalu bergelombang.

 

Tentukan Budget

Pemberi pinjaman umumnya merekomendasikan agar Anda mencari rumah yang harganya tidak lebih dari tiga hingga lima kali lipat pendapatan rumah tangga tahunan jika Anda berencana untuk membayar uang muka 20% dan memiliki jumlah utang lain yang moderat. Tetapi, semua itu kembali lagi kepada keputusan Anda berdasarkan situasi keuangan Anda sendiri.

Lakukan Survei

Langkah berikutnya yang perlu Anda lakukan untuk membeli rumah adalah melakukan survei dan mempersiapkan diri sebelum benar-benar membelinya. Ambillah minimal 3 rumah atau perumahan yang menarik perhatian Anda. Semakin banyak rumah yang Anda survei, semakin baik gambaran yang Anda miliki tentang rumah yang tersedia untuk Anda dalam kisaran anggaran yang Anda miliki. Semakin banyak yang dapat Anda lihat, semakin banyak juga yang akan Anda ketahui tentang lingkungan di sekitar. Mungkin sulit untuk mengingat semuanya tentang mereka, jadi Anda mungkin ingin mengambil gambar atau video untuk membantu Anda mengingat setiap rumah.

 

Buat daftar singkat hal-hal yang Anda butuhkan

Sebelum Anda mulai membeli rumah, pertimbangkan gaya hidup dan nilai-nilai yang Anda butuhkan. Fitur atau fasilitas apa yang Anda butuhkan dalam meningkatkan kesejahteraan Anda? Buatlah daftar hal-hal penting yang Anda butuhkan dalam membeli rumah. Mulai dari lokasi, ukuran rumah, hingga fasilitas yang harus Anda miliki di rumah masa depan Anda ini. Dengan demikian, ini yang nantinya akan membantu Anda mempersempit pilihan rumah Anda, sehingga Anda dapat menemukan rumah idaman Anda.

 

Itulah beberapa tips yang akan membantu membuat perjalanan membeli rumah pertama Anda menjadi perjalanan yang tidak terlalu bergelombang. Bagi Anda yang sedang mencari referensi untuk membeli rumah pertama Anda, maka Anda dapat mengintip rumah dari Sentul Alaya. Sentul Alaya sendiri menawarkan 6 cluster, yang masing-masing memiliki tipe rumah yang berbeda. Setiap tipenya dirancang dengan tingkat ketelitian dan estetis yang tinggi oleh arsitek berpengalaman dengan tujuan untuk menghasilkan desain tempat tinggal yang tidak hanya nyaman, tetapi juga berkelas. Untuk informasi lebih lanjut, maka Anda dapat memperolehnya melalui website official Sentul Alaya di http://www.sentulalaya.com/.

Related article:

Incar Kelas Atas, Keluarga Tahir Lansir Klaster 4 Sentul Alaya

BOGOR, KOMPAS.com - Keluarga Tahir melalui PT Karya Bintang Gemilang (KBG), semakin agresif bermain di bisnis dan industri properti. Hal ini menyusul penjualan tiga klaster hunian tapak di Perumahan Sentul Alaya yang meraup penjualan lebih dari Rp 500 miliar.

READ MORE
5 Alasan Memiliki Rumah Lebih Baik daripada Menyewa (Part 2)

Jika di artikel sebelumnya telah dijelaskan mengenai 2 dari 5 alasan utama orang lebih memilih membeli daripada menyewa rumah, maka pada kesempatan kali ini, artikel ini akan melengkapi penjelasan tersebut.

READ MORE
6 Cara Hidup Hemat Ala Sentul Alaya

Pada umumnya, pengelolaan dari keuangan pribadi maupun keluarga biasanya dilakukan saat telah memegang sisa uang bulanan. Namun, hal paling biasa yang sering terjadi dalam kasus ini adalah godaan untuk menghamburkannya. Inilah salah satu penyebab yang membuat Anda tidak jarang untuk tidak menabung dan hal itu pasti akan terulang kembali terus-menerus.

READ MORE